28 C
Bogor, Indonesia
Home Alumni

Alumni

Dari hasil tracer study lulusan 5 tahun terakhir, terhitung sejak tahun 2012 sampai tahun 2017, Prodi ITK telah meluluskan 310 sarjana.  Sebanyak 157 lulusan yang terlacak melalui tracer study (51%), sejumlah 48 lulusan (38%) bekerja di sektor kelautan; sedangkan sejumlah 84 lulusan (47%) bekerja diluar bidang kelautan; sebanyak 16 lulusan (10%) melanjutkan pendidikan ke tingkat pascasarjana; dan 9 lulusan (5%) belum bekerja.

Lulusan yang bekerja di bidang kelautan berada di instansi Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kememko maritim), Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK), PT Waindo Spec Terra, PT Satwindu Utama, Citra BorneoIndah Group, PT. Choice Plus Energy, PT. ExsaMap Asia, PT. RAPP April Asia; PT Survindo Geo Prima; CV. Bumi Angkasa; PT. Surveyor Indonesia; Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta.

Lulusan yang bekerja diluar bidang kelautan umumya bekerja di bidang perbankan, bidang media cetak dan elektronik, dan perusahaan swasta.  Bidang perbankan: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk;  BRI; PT. CIMB Niaga Auto Finance ; PT. Bank Bukopin Tbk; PT. Bank Mega Tbk; PT Bank Central Asia, Tbk; Bank Panin; PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk; PT. Bank Danamon Indonesia Tbk; bidang media cetak dan elektronik diantaranya Tempo; Kompas Gramedia; PT. MNC Sky Vision Tbk; dan pegawai di perusahaan swasta diantaranya PT.Hatfield Indonesia, PT. Pasifik Teknologi Indonesia, Forte Language Institute, PT. Arnotts Indonesia, PT. Lautan Organo Water, PT Djakarta Lloyd dan lain-lain.

Berdasarkan hasil tracer study terhadap 24 lulusan dari tahun 2012 sampai dengan 2017 diketahui bahwa pendapatan terendah lulusan sebesar Rp. 1.800.000,- per bulan, dan pendapatan tertinggi sebesar Rp. 6.000.000,- per bulan, serta pendapatan rata-rata lulusan sebesar Rp 3.400.000,- per bulan.

Tracer Study

Lulusan prodi ITK tergabung dalam Himpunan Alumni Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB (HA-ITK) yang secara resmi berdiri tahun 2015.  Saat ini HA-ITK diketuai oleh Arif Budi Purwanto yang merupakan alumni Program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan angkatan ke 5.  Kantor HA-ITK berada di lantai V gedung Marine Center ITK, FPIK-IPB. HA-ITK berperan sebagai jembatan penghubung antara alumni dan mahasiswa, dimana berbagai aktifitasnya diarahkan untuk mendukung kegiatan akademik maupun non akademik, yang meliputi kegiatan seminar dan Forum Group Discussion (FGD). Pengembangan jejaring HA-ITK dilakukan dengan membuat media informasi, diantaranya pembuatan web.  Sumbangan fasilitas yang diperoleh dari alumni diantaranya screen projector pada tahun 2017.