Himiteka dan Haitek kembali Gelar Indonesia Maritime Talks Series

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka), Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University dan Himpunan Alumni Ilmu dan Teknologi Kelautan (Haitek) kembali gelar Indonesia Maritim Talks (Indonesia #MariTalks) Series 4 pada 2/5. Pada Indonesia #MariTalks kali ini, platform daring yang digunakan adalah Livestream Zoom Meeting dan Youtube. Dan narasumber yang hadir adalah Kepala Subdit Zonasi Daerah, PRL Kementerian Kelautan dan Perikanan/KKP) dan Dr Handoko Adi Susanto (Regional Project Manager of ATSEA 2).

Dr Krishna Samudra, SPi, MSi membawakan materi tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) yang diatur dalam peraturan atau perundang-undangan. Menurutnya RZWP3K termasuk dalam Rencana Zonasi. Yaitu rencana yang menentukan arah penggunaan sumber daya, setiap satuan perencanaan disertai penetapan struktur dan pola ruang pada kawasan perencanaan yang memuat kegiatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan serta kegiatan yang hanya boleh dilakukan setelah memperolah izin.

“Rencana zonasi meliputi RTRLN (Rencana Tata Tuang Laut Nasional), RZ KAW (Rencana Zonasi Kawasan Antarwilayah), RZKSN (Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional), RZKSNT (Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional Tertentu) dan RZWP3K (Rencana Zonasi Wilayah Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil),” ujarnya.

Sementara itu, Dr Handoko menyampaikan beberapa hal terkait pembelajaran dari RZWP3K dan tantangan yang harus dihadapi. Contohnya konflik kepentingan antar sektor maupun pelaku, konflik kepentingan antar pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, konflik kepentingan jangka panjang dan jangka pendek, penyimpanan pemanfaaatan ruang, lemahnya pengendallian, dan masih banyak lagi.

Kegiatan Indonesia #MariTalks series 4 ini menuai antusias yang tinggi dari partisipan, terlihat dari naiknya jumlah partisipan yang mengikuti kegiatan ini. Uniknya juga, banyak dukungan dan saran yang diberikan oleh partisipan untuk acara ini.

Contohnya Febrianti Amalia sebagai peserta, memberikan saran agar seminar online ini tetap dilanjutkan walaupun pandemi corona sudah tidak ada ke depannya. Menurutnya kegiatan ini sangat efektif dan efisien karena bisa diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia serta menambah ilmu dan wawasan.

Selain itu Eka Asih mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat, informatif dan banyak ilmu yang diperoleh. Eva berharap kegiatan serupa dapat sering dilaksanakan dan terkait pengumuman/informasi agenda kegiatan yang seperti ini lebih disebarluaskan kembali.

“Untuk menyukseskan acara Maritime Talks Series ini, Himiteka dan Haitek akan terus meningkatkan kualitas dari kegiatan Indonesia Maritime Talk ini guna menambah wawasan serta mempertemukan para ahli dari sektor kelautan,” ujar M Riskhi Anggara, Ketua Himiteka IPB University. (**/Zul)

Source : https://ipb.ac.id/news/index/2020/05/himiteka-dan-haitek-kembali-gelar-indonesia-maritim-talks-series/b70176c32f9634b5962c7f364cf01799