Implementasi SDG-14 :Tugas Kuliah Menjadi Media Kampanye Hewan Laut Dilindungi

Sustainable Development Goal (SDG) 14: life below water merupakan salah satu hal penting yang perlu diketahui dan diimplementasikan pencapaiannya. Salah satu hal yang penting adalah pendidikan dan penyadartahuan tentang konservasi biota laut. Melalui kuliah dari mata kuliah Keanekaragaman Hayati Laut (KHL), Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) FPIK IPB University para mahasiswa diajak untuk mengenal hewan laut dilindungi.

“Sebagai orang yang belajar tentang kelautan kami berharap mahasiswa dapat mengenal dan mengetahui tentang hewan-hewan laut yang dilindungi secara nasional dan global.”ungkap dosen IPB University dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan selaku selaku koordinator mata kuliah KHL, Dr. Hawis Madduppa. “Pada kesempatan ini kami memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membuat infografis terkait pengenalan morfologi, sebaran, dan kampanye perlindungan,” imbuh pakar biodiversitas laut IPB University ini.

Berbagai desain infografis yang dibuat mahasiswa ITK dipublikasikan di media sosial Instagram baik dalam bentu Feed maupun Instastory. “Ternyata mahasiswa kita sangat kreatif dalam menyampaikan informasi melalui media sosial,” ujar Beginer Subhan, dosen IPB University dari Departemen ITK yang merupakasan satu dosen pengampu mata kuliah KHL.

“Kami berharap dengan melakukan kampanye lewat media sosial ini dapat menyentuh berbagai kalangan terutama generasi muda yang seusia dengan para mahasiswa kita dan menjadi kontribusi IPB University dalam usaha pelestarian hewan laut dilindungi melalui pendidikan yang merupakan bagian dari SDG-14,” tambah pakar terumbu karang IPB University Ini. (*)

Source : https://ipb.ac.id/news/index/2020/05/implementasi-sdg-14-tugas-kuliah-menjadi-media-kampanye-hewan-laut-dilindungi/c17bf357a5e13f97b1ea67c44e6789b2