ITK – IPB Ajak Pemuda Jadi Aktor UTAMA Kemandirian Teknologi Kelautan Indonesia

Dalam sejarah Indonesia peran pemuda cukup sentral dalam memberikan perubahan di Indonesia. Teknologi Kelautan merupakan salah satu kunci yang dapat membangkitkan lagi kejayaan Negara Maritim Indonesia. Oleh Karena itu, menurut Prof. Dr. Indra Jaya sudah seharusnya semakin banyak dan besar peran pemuda dan mahasiswa dalam pengembangan teknologi Kelautan.

Hal tersebut disampaikan pada acara Seminar Nasional Teknologi Kelautan yang di selanggarakan oleh Marine Instrumentation and Telemetry Club (MIT) Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. KEgiatan  pada tanggal 13 Oktober 2014 ini diadakan di Gedung Alumni IPB dihadiri lebih dari 150 peserta dari berbagai kalangan.

Seminar ini menghadirkan pembicara antara lain Ir. Hugua (Bupati Wakatobi), Dr Rizal Idrus (UNHAS), Dr Agus Suherman, Dr. David Mc.Kinnie (NOAA), Dr.Victor Zykov (SOI) , Dr. Wahyu Widodo Pandoe, M.Sc, (BPPT) dan Dr. Henry M. Manik (IPB). Para pembicara menyapaikan informasi tentang perkembangan teknologi kelautan saat ini dan masa mendatang. Selain seminar juga terdapat display alat-alat obsevasi laut karya Bagian Akustik dan Instrumentasi Laut ITK seperti  ROV RJBA 2014, MOTIWALI, Data Logger dan Ocean Drifter.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Launching Hasil Ekspedisi Mahasiswa MIT di Kepulauan Wakatobi. Ekspedisi ini bertujuan menguak informasi tentang keunikan periran laut Wakatobi. Ir. Hugua menyambut baik apa yang dilakukan mahasiswa IPB ini, berharap agar mengukuhkan lagi bahwa Wakatobi menjadi Wakatobi sebagai pusat triangle dunia, cagar biosfer, laboratorium bawah laut, pengembangan biotek dari rumput laut rumput laut, pengembangan pusat penelitian bawah laut, maksimalkan fungsi perekayasaan kelautan, teknologi radar. Hal senada juga disampaikan oleh Kapala Balai Taman Nasional Wakatobi.