ITK IPB di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2014

Gelaran Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTB) telah dilaksanakan pada tanggal 5-6 Nopember 2014 di Universitas Indonesia. Tim Pelamis 3 IPB menyeruak diantara peserta lain yang pada umumnya  berasal dari Teknik Perkapalan. Adalah Mahesa Glagah Agung,  Billi Rifa Kusumah,  Aditya Ramanda,  dibawah bimbingan Prof. Indra Jaya dan Dr. Yopi Novita berlomba untuk kategori Autonomous. Namun Pada lomba ini Tim IPB belum berhasil mendapatkan juara seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pada kesempatan lomba ini Tim Pelamis 3 merancang kapal dengan desain katamaran yaitu memiliki dua buah lambung kapal, hull berbahan dasar resin. Kapal kami  menggunakan sensor identifikasi warna, dilengkapi dengan motor dc sebagai penggerak serta Mikrokontroler Arduino dan Laptop untuk control kendali dan pengolahan citra ungkap Mahesa. Mahasiswa semester 7 ini menjelaskan bahwa Proses pembuatan kapal dan uji coba dilakukan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Bili menambahkan bahwa Prinsip kerja yang diterapkan pada kapal yaitu kapal mengidentifikasi warna yang telah ditentukan (setting), kondisi warna yang telah teridentifikasi kemudian dikirimkan ke Mikrokontroler Arduino sebagai pengendali gerak kapal tersebut.

“Dari lomba ini terlihat banyak hal baru dan unik yang ditampilkan oleh para peserta”ujar Dr. Yopi Novita. “Kontes seperti ini sangat penting bagi pengembangan rancang bangun kapal di IPB khususnya. Mudah-mudahan tahun depan kita lebih siap lagi dalam menghadapi lomba ini”. Ungkap Prof. Indra Jaya.