Kuliah Umum Pakar Mikroalga dan Biofuel IPB dan Murdoch University di FPIK IPB

Dr. Navid Moheimani dari Murdoch University Australia dan Dr. Mujizat Kawaroe memberikan Kuliah Umum tentang Penelitian dan Pengembangan Mikroalga di Murdoch University dan IPB pada tanggal 4 Desember 2104 di FPIK IPB. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Program Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Kelautan  IPB.

Pada kesempatan ini Dr Navid Moheimani menjelaskan tentang penelitian dan pengembangan mikro algae yang dapat tumbuh dan berkembang pada kondisi salinitas tinggi. Selain itu, Dr.Navid dan mitra dari Jepang mengembangkan metode Milking untuk memanen karbon dari alga.  Ketika ditanya bagaimana dukungan pemerintah Australia untuk pengembangan biofuel dari mikroalga, Dr. Navid Menjawab dengan lugas “pengalaman menjawab sebagai komunitas  kita sebaiknya harus tetap focus untuk pengembangan energy dari mikroalga dan tidak perlu terlalu tergantung pada pemerintah”.

Dr Mujizat Kawaroe dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan juga memaparkan tentang roadmap penelitian mikro dan makro alga sebagai biofuel di IPB. Peneliti SBRC ini mengatakan bahwa penelitian dimulai tahun 2006 untu mengeksplorasi jenis-jenis mikro alga potensial sebagai sumber biofuel. Sampai saat ini, tidak hanya mikro alga namun juga mengarah ke pemanfaatan makro alga. Saat ini sudah diaplikasikan  pembuatan biogas dari  makro alga di Banten dan Sulawesi Selatan.