IPB, WWF-Indonesia Universitas Papua (UNIPA) dan Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) menginisiasi penelitian terhadap Whale Shark atau Hiu Paus di Teluk Cenderawasih. Penelitian Biologi dan ekologi telah dilakukan pada tahun 2013. Salah satu rangkaian kegiatan kerjasama ini adalah dengan melakukan pemberian kuliah umum tentang Whale Shark kepada masyarakat umum. Pada kesempatan ini IPB yang diwakili Laboratorium Biodiversitas dan Biosistematika Kelautan ITK-FPIK ditunjuk sebagai tempat penyelanggara kuliah umum pada tanggal 28 Maret 2014 tentang Biologi dan Ekologi Hiu Paus oleh Brent S. Stewart , P.Hd dari Hubbs-Sea World Research Institute San Diego, California.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala dosen-dosen dari FPIK dan juga mahasiswa IPB dari berbagai jurusan, mahasiswa dari UI, Unpad, Unpak,  serta wartawan dari media cetak maupun online. Acara di buka oleh Ketua Departemen ITK-IPB Dr. Wayan Nur Jaya, M.Si. Pada Kesempatan tersebut, Peneliti bidang oseanografi ini menyampaikan bahwa penelitian tentang hewan yang dilindungi ini sangat penting dan berharap kolaborasi dengan WWF-Indonesia serta UNIPA dan TNTC terus berkelanjutan.

Secara umum temuan pada penelitian ini adalah Whale shark merupakan hewan penjelajah yang selalu bergerak secara geografis dan vertikal. Pertanyaan yang masih belum terjawab adalah dimana populasi hiu paus betina, dimana daerah hiu paus yang masih muda dan dimana hiu paus yang sudah dewasa berkumpul serta dimana daerah perkawinan.  Khusus untuk daerah Teluk Cenderawasih, diduga terdapat hubungan keberadaan bagan dan ikan puri dengan kemunculan Hiu Paus.

Pada saat ini IPB dan WWF-Indonesia sedang melaksanakan penelitian dan pengembangan RFID yang akan digunakan dalam penelitian Whale Shark di Indonesia. Bersama UNIPA, TNTC dan WWF-Indonesia, IPB sedang melakukan penelitian genetika populasi Whale Shark yang ditemukan di Teluk Cenderawasih. Selain kegitan penelitian, kerjasama ini juga mengagendakan kegiatan peningkatan SDM dengan mengadakan pelatihan genetika hewan laut.