Lokakarya dan Pelatihan BIDE (Banda ITF Dynamics Experiment)

Untuk pertama kalinya teknologi instrument kelautan Argo floats digunakan di Laut Banda untuk mengukur profil properties suhu dan salinitas dengan resolusi temporal dan spasial yang tinggi. Dua (2) Argo floats digunakan untuk kuantifikasi proses-proses fisik dan dinamik yang terjadi di Laut Banda dan perlu dikaji secara intensif untuk dapat menjawab beberapa pertanyaan fundamental seperti :

a) Bagaimana percampuran turbulen serta stratifikasi massa air Arlindo di Laut Banda dengan pengukuran high temporal-spatial resolution dari alat ARGO floaters ?

b) bagaimana interaksi laut-atmosfer di Laut Banda melalui kuantifikasi mixed layer heat flux dan mixed layer depth, dan kaitannya dengan OLR dan surface wind stress ?

c) Bagaimana dinamika upwelling yang dikuantifikasi dengan indikator Ekman pumping/suction, Ekman transport dan, Upwelling Index ?

d) bagaimana implikasi percampuran turbulen terhadap fluks nutrien dan produktivitas primer di dekat lapisan permukaan ?

oleh karenanya pada tanggal 26 – 27 Juli 2018 akan diadakan lokakarya dan pelatihan terkait pengolahan dan analisa dari data argo float tersebut.

Bagi yang berminat silahkan daftar di Link berikut: Link Pendaftaran BIDE