Workshop Years of Maritime Continents (YMC) di Center for Climate Research & Prediction di Singapore, 27-30 January 2015.  Pada acara workshop ini, peserta melakukan paparan hasil riset dan rencana program, aspek laut Indonesia disajikan oleh Prof. Indra Jaya dan Dr. Agus Atmadipoera  dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan  Institut Pertanian Bogor (FPIK-IPB), seperti kajian Arlindo dan rencana program cruise kelautan 2015-2017, selanjutnya aspek atmosfer oleh tim dari BMKG dan LAPAN.

Peserta workshop sekitar 50 orang, berasal dari berbagai lembaga yang bergerak dibidang atmosfer dan kelautan, seperti BMKG, LAPAN, NOAA, NASA, JAMSTEC, Universitas, dan lembaga riset laut dan atmosfer.  Peserta dari Indonesia dibawah koordinasi BMKG Jakarta.

Salah satu hasil penting dalam workshop ini adalah akan adanya kolaborasi riset antara FPIK IPB dengan Applied Physics Laboratory, University of Washington. Kedua belah pihak sepakat  akan segera menindaklanjuti untuk pengembangan instrumentasi kelautan dan oseanografi.

20150129_140252-1 20150128_153715

Tujuan dari workshop pertama ini adalah melakukan koordinasi dan perencanaan ilmiah upaya-upaya internasional untuk kajian terpadu laut-atmosfer di wilayah Benua Maritim.  Diharapkan hasil dari workshop ini tersusun rencana program riset laut dan atmosfer, serta terbentuk task forces, dan kolaborasi internasional.  Program YMC direncanakan akan dimulai tahun 2017.  Workshop kedua akan dilaksanakan di Jakarta bulan November 2015.